Facebook

Saturday, May 17, 2014

Trik hemat jelang Ramadhan dan Lebaran


Bulan Ramadhan tahun ini Insha Allah akan hadir sekitar akhir Juni, artinya kurang dari dua bulan lagi, wah ibu-ibu udah pasti kudu siap-siap nih. Tiap bulan puasa pengeluaran dipastikan akan melonjak seiring dengan naiknya harga bahan pokok, belum lagi harus ada hidangan istimewa untuk berbuka puasa. Lalu kiat apa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk dapat menghemat pengeluaran di bulan puasa?

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman pribadi menghadapi melonjaknya pengeluaran di bulan puasa dan khususnya pengeluaran memasak untuk hidangan lebaran. What lebaran? puasa aja belom kok udah mikirin lebaran? hehe.. gitu deh semua harus direncanakan dan dipersiapkan bukan? ujung-ujungnya efisiensi dan penghematan.

Seperti biasanya bahan pokok utama yang akan melonjak harganya adalah cabe, santan kelapa, ayam dan daging. Sebenarnya bahan pokok lainnya juga mengalami kenaikan sih, tapi sementara kita konsen dengan 4 bahan pokok ini dulu ya.

Cabe merah kriting hari gini harga di pasar sekitar 15 ribu per kilo, dan kelapa santan sekitar 5 ribu per butir, ayam 30 ribu per kilo sedangkan daging rendang sekitar 80 ribu per kilo. Nah kalo udah mulai bulan puasa menjelang lebaran harga cabe bisa tembus 50 ribu, kelapa santan 10 ribu, ayam 40 ribu dan daging bisa mencapai 125 ribu per kilonya, luar biasa kan?

Nah berikut trik yang saya biasa lakukan. Sekitar 1-2 bulan sebelum puasa saya biasakan membeli ke 4 bahan di atas di pasar tradisional. Cabe saya beli biasanya tiga kilo, kelapa santan sekitar empat butir, ayam lima kilo dan daging tiga kilo. Lalu khusus cabe saya blender dan masukan kedalam plastik simpan di freezer. Santan kelapa langsung masuk freezer. Ayam dan daging dipotong-potong sesuai kebutuhan dan masukan ke plastik lalu simpan ke freezer. Ingat, dalam penyimpanan bagilah bahan-bahan tersebut dalam plastik kemasan kecil/sedang, jangan simpan dalam satu kesatuan, sehingga bisa diambil dan dimasak sesuai keperluan.


Bahan makanan yang dibekukan dalam freezer masih baik kualitasnya sampai dengan tiga bulan bahkan lebih apabila kualitas freezernya baik. So, menyimpan cabe, santan, ayam dan daging dalam durasi dua bulan masih aman.

Sekarang kita hitung penghematan yang dapat dihasilkan dengan trik diatas. Cabe 3 kilo 45 ribu, santan 4 butir 20 ribu, ayam 5 kilo 150 ribu dan daging 3 kilo 240 ribu, total belanja 455 ribu, ini kita keluarkan dana 1-2 bulan sebelum puasa/lebaran, deal?

OK, sekarang kita hitung kalo kita belanja bahan-bahan tadi disaat bulan puasa/menjelang lebaran, cabe 3 kilo 150 ribu, santan 40 ribu, ayam 5 kilo 200 ribu, dan daging 3 kilo 375 ribu, total belanja ribu, total 765 ribu.... jadi selisih 310 ribu! Lumayan hemat kan?

Dan keuntungan lainnya, kita gak perlu berdesak-desakan di pasar untuk belanja utama di bulan puasa dan lebaran, jadi bisa hemat tenaga dan waktu.

Gitu deh kira-kira trik saya dan keluarga menghadapi pengeluaran di bulan puasa dan lebaran, semoga bermanfaat.

Stay smart.

Follow twitter @ReniKeristiana






0 Comments:

Post a Comment