Facebook

Saturday, May 3, 2014

Tujuan Mempelajari Perencanaan Keuangan


Mengapa perlu mempelajari perencanaan keuangan? Menurut Financial Planning Standards Board Indonesia, secara umum tujuan seseorang  mempelajari perencanaan keuangan adalah "bebas finansial". Bebas finansial yang dimaksud  adalah :
  1. Bebas dari hutang
  2. Mempunyai dana cadangan (dana darurat yang memadai)
  3. Memastikan perlindungan asuransi yang cukup sampai hari tua
  4. Tetap berpenghasilan dengan jumlah yang memadai pada hari tua 
  5. Mempunyai rumah dan kehidupan yang nyaman pada hari tua
  6. Menikmati hari tua bersama keluarga tanpa kekurangan uang
  7.  Mempersiapkan modal bagi generasi penerus bila telah meninggal dunia
Bisa dikatakan, bahwa "melek" finansial bisa membuat masa depan seseorang aman, dan sebaliknya, buta finansial bisa berakibat pada permasalahan di masa depan seperti pensiun dengan meninggalkan hutang yang belum terlunasi, sakit-sakitan tanpa ada jaminan kesehatan, mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tidak punya tabungan, dan tidak punya usaha apapun sebagai penopang ekonomi keluarga. Tentu saja tidak ada orang yang ingin hidup dalam kondisi seperti ini. Untuk itu dibutuhkan kecerdasan finansial.

Menurut pengalaman para mentor financial planner, selama ini yang menjadi penghambat dalam mencapai tujuan perencanaan keuangan adalah kemauan dan kemampuan. Masyarakat Indonesia pada umumnya tidak memiliki kemauan dalam menerapkan perencanaan keuangan. Dan apabila mereka mau, namun mereka merasa tidak mampu untuk melakukannya. Padahal kemampuan akan mengikuti kemauan, sedangkan tanpa kemauan, kemampuan dianggap tidak ada.

1 Comments:

  1. artikelnya sangat bermanfaat sekali, kebetulan saya bekerja di Credit Union yang mewajibkan kami untuk memberikan edukasi tentang literasi keuangan atau pengaturan keuangan keluarga secara rutin. Untuk itu bolehkan saya mengambil beberapa artikel yg ada di blog ini sebagai referensi? untuk setiap saya mencantumkan artikel Anda, saya akan cantumkan credit nya.
    Terima kasih

    ReplyDelete