Facebook

Saturday, May 24, 2014

Kisah Teladan Lebah - bagian 1


Lebah ternyata memiliki karakter terpuji yang patut dicontoh. Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan orang beriman itu bagaikan lebah. Ia makan yg bersih, mengeluarkan sesuatu yg bersih, hinggap di tempat yang bersih dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya).” (Ahmad, Al-Hakim, dan Al-Bazzar)
Kehidupan ini agar menjadi indah, menyenangkan & sejahtera butuh manusia-manusia seperti itu. Menjadi apa pun, ia akan menjadi yang terbaik, apa pun peran dan fungsinya maka segala yg ia lakukan adalah hal-hal yang membuat orang lain, lingkungannya menjadi bahagia dan sejahtera.
Sifat-sifat yg baik itu terdapat pada lebah dan Rasulullah SAW mengisyaratkan agar kita meniru sifat2 positif yg dimiliki lebah, “Dan Rabbmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah, buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yg dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu).Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yg bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yg menyembuhkan bg manusia. Sesungguhnya pd yg demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yg memikirkan.” (An-Nahl: 68-69) .
Hinggap di tempat yang bersih dan menyerap hanya yang bersih. Lebah hanya hinggap di tempat-tempat pilihan, berbeda dgn lalat. Lebah hanya akan mendatangi bunga-bunga atau buah-buahan atau tempat-tempat bersih lainnya yg mengandung bahan madu atau nektar.
Begitu pula seharusnya sifat seorang mukmin. Allah SWT berfirman: “Hai manusia, makanlah yang halal lg baik dari apa yg terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan adalah musuh yang nyata bagimu.” (Al-Baqarah: 168) .
Karenanya, jika ia mendapatkan amanah dia akan menjaganya dengan sebaik-baiknya, tidak akan melakukan korupsi, pencurian, penyalahgunaan wewenang, manipulasi, penipuan dan dusta (kebusukan). Sebab, segala kekayaan hasil perbuatan-perbuatan busuk tadi adalah merupakan khabaits. 

...bersambung ke bagian 2 

follow twitter @ReniKeristiana 

1 Comments: