Facebook

Tuesday, March 21, 2017

Tua Pasti Dewasa Pilihan

"Tua itu pasti, dewasa adalah pilihan"........

Begitu kita sering membaca ataupun mendengar kata bijak ini. Ya, begitulah. Bahwasanya setiap manusia di dunia ini, yang masih diberikan usia oleh Allaah, akan merasakan fase menua. Dan biasanya fase mulai menua tsb adalah fase menginjak usia 40 tahun ke atas. 

Dan, tua adalah pasti. Walau secanggih apapun perlakuan manusia untuk menahan fase menua secara fisik, namun tidak ada hal yang bisa menahan bertambahnya usia seseorang, bukan? 

Sejatinya Islam memandang bahwa usia 40 tahun merupakan fase kesempurnaan berfikir. Di usia ini 'seharusnya' seseorang mampu bertindak dengan pertimbangan yang matang, serta mampu menjaga emosi. Dan mereka dianjurkan untuk tetap produktif serta berkarya sampai ajal menjemput. 

Tentang usia 40 tahun, seorang Sufi dan Ulama besar Islam, Ibnu Atthaillah, memberi nasihat bijak: "Jika usiamu menginjak 40 tahun maka segeralah untuk memperbanyak amal soleh, siang dan malam. Sebab waktu pertemuanmu dengan Allaah akan semakin dekat". 

Imam Al Ghazali pun berkata tentang usia 40 tahun ini: "Usia 40 tahun adalah sebuah pertanda atau sebuah isyarat. Yaitu sebuah ikhtisar masa depan. Jika di usia itu KEBAIKAN lebih MENDOMINASI, maka itu sebuah PERTANDA BAIK untuk kehidupannya nanti. 

Tafsiran Imam Ghazali tsb dimaknai bahwa apa yang sudah menjadi KEBIASAAN (HABIT) pada usia 40 ini, akan sulit diubah pada usia2 sesudahnya. Jika di usia ini masih melakukan hal2 yang negatif penuh kemaksiatan (spt: berzina, berjudi, dll), kezaliman (spt: berdusta, menyakiti, melalaikan hak orang lain, dll), sulit beribadah (spt: sholat susah, puasa bolong, malas belajar/mengaji, sedekah sulit, dll). Maka dipastikan akan sulit pula untuk berhenti dari kebiasaan2 negatif tersebut. Naudzubillaah. 

Sahabat, yuk kita bersiap menghadapi masa tua, yang pasti akan datang. Semoga saat masa itu tiba, kebaikanlah yang mendominasi kehidupan kita. Sehingga untuk masa2  usia selanjutnya kita mampu menjadi lebih baik. Lebih dewasa dalam berpikir dan dalam bertindak. MENJADI TELADAN untuk anak2 kita, keluarga kita, serta untuk ummat dan generasi mendatang. Insya Allaah, Aamiin Yaa Robbal 'aalamiin... 

Wallahu' alam
Reni. K. Ashuri
Financial and Business Coach

#cuplikanbukuundesperatehousewife
#usia40tahundalamislam
#tuaitupastidewasaadalahpilihan
#mempersiapkanmasatuadenganakhlaqpenuhkebaikan

0 Comments:

Post a Comment