Facebook

Tuesday, December 17, 2013

Apa itu Perencanaan Keuangan? (3)



Perencanaan keuangan menjadi penting karena tanpa perencanaan yang baik, maka hidup yang bagi sebagian besar anggota masyarakat sudah sulit akan menjadi lebih sulit. Bertambahnya penderitaan ini seharusnya dapat dihindari dengan melakukan perencanaan keuangan dengan baik dan terarah. Tidak seorang pun yang ingin mengalami kondisi keuangan yang buruk.

Kita bisa belajar dari sekeliling kita. Ada yang memiliki penghasilan 10 juta rupiah per bulan, tapi hutang kartu kreditnya mencapai 15 juta rupiah. Ada yang bergaji 20 juta, tapi menjelang akhir bulan mencari pinjaman ke teman untuk biaya hidup. Ada yang bahkan rumahnya masih ngontrak padahal berbagai gadget terbaru selalu mampu dibeli. Minimnya pengetahuan tentang financial planning membuat seseorang tidak memahami tentang skala prioritas.

Perencanaan keuangan mencegah Anda untuk tidak hidup gali lobang tutup kolam. Ya, kini istilahnya sudah bukan gali lobang tutup lobang lagi, karena apa yang Anda pinjam harus dikembalikan dalam jumlah yang lebih besar. Tawaran-tawaran menjebak seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kemudahan dalam mengajukan kartu kredit merupakan salah satu lingkaran setan yang harus Anda hindari karena keduanya adalah ‘kolam-kolam’ yang harus Anda tutup begitu Anda mendapatkan pinjaman dari keduanya. Jika pemahaman tentang perencanaan keuangan ini sudah cukup luas, maka tawaran seperti ini tidak akan mempan karena hanya akan mengganggu tujuan finansial yang ingin dicapai.

0 Comments:

Post a Comment