Facebook

Tuesday, December 17, 2013

Apa itu Perencanaan Keuangan? (2)



Perencanaan Keuangan secara definisi menurut Financial Planning Standards Board (FPSB), adalah proses mencapai tujuan hidup seseorang melalui manajemen keuangan secara terencana dan menyeluruh. Tujuan hidup seseorang dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Contoh tujuan keuangan adalah : membeli mobil, atau rumah, menabung untuk pendidikan anak atau merencanakan pensiun, dan lain-lain. Bagi seseorang yang belum menikah, penghasilannya mungkin berasal dari satu sumber saja yaitu gaji. Pengeluarannya berkisar pada bayar rumah kontrakan, cicilan motor, dan makan tiga kali sehari, atau rencana untuk biaya pernikahan. Sedangkan bagi mereka yang sudah berumah tangga, penghasilannya bisa bersumber dari gaji pasangannya yang juga bekerja, dan di saat yang sama pengeluarannya pun mulai bertambah banyak seperti cicilan rumah, cicilan mobil, mengirim uang untuk orang tua dan mertua, bantu biaya sekolah adik ipar, susu anak, uang sekolah anak dan makan tiga kali sehari satu keluarga.

Pentingnya perencanaan keuangan agar seseorang dapat memahami dan mengerti tentang bagaimana setiap keputusan yang berkaitan dengan finansial itu dibuat agar tujuan keuangannya bisa tercapai. Selain itu juga untuk menghindari kondisi "besar pasak daripada tiang" yang kerap terjadi pada rumah tangga masyarakat Indonesia.

Di Karawang, ada pengusaha kontraktor yang memiliki hutang ratusan juta rupiah yang bukan disebabkan perusahaannya kekurangan klien, melainkan setiap keuntungan yang diperoleh dari proyek dibelanjakan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif seperti membeli mobil baru, TV layar datar, kulkas, peralatan dapur dan lain sebagainya. Lebih parahnya lagi, DP dari klien yang harusnya digunakan sebagai modal awal proyek tersebut digunakan untuk membeli barang-barang yang ‘tidak berguna’ tersebut. Tentu saja ini sangatlah berbahaya. Ini adalah contoh tentang tidak adanya ilmu mengenai perencanaan keuangan.

0 Comments:

Post a Comment