Facebook

Tuesday, December 17, 2013

Apa itu Perencanaan Keuangan? (1)



Kehidupan Anda sejahtera sebelumnya, tabungan cukup, sekolah anak lancar bayarannya, istri atau suami pun juga tidak punya masalah kesehatan. Lalu tiba-tiba terjadi bencana alam seperti tsunami atau gempa bumi. Rumah hancur, mobil rusak parah, kantor tempat Anda bekerja merumahkan karyawannya hingga beberapa bulan ke depan, dan Anda tidak punya sanak famili di kota tersebut. Apa yang kira-kira akan Anda lakukan? Mencairkan tabungan untuk merenovasi rumah padahal tabungan tersebut sudah dialokasikan untuk kebutuhan lain di kala normal? Menjual cadangan logam mulia untuk mengatasinya? atau, alangkah beruntungnya Anda kalau pada saat itu Anda memiliki 10 lot saham-saham perusahaan blue chip yang sudah Anda simpan sejak dua tahun yang lalu dengan kenaikan per lembarnya mencapai angka 2 digit. Namun, bagaimana jika anda tidak memiliki dana darurat, logam mulia, saham, atau investasi lain yang dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan-kebutuhan diatas?

Perencanaan keuangan adalah metode saintifik yang membantu Anda untuk tidak mengalami hal-hal yang mengerikan seperti di atas. Tanpa harus menjadi orang kaya terlebih dahulu, setiap orang berhak mendapatkan kehidupan yang sejahtera secara finansial di masa depannya. Apapun profesi Anda dan berapapun penghasilan Anda setiap bulan, Anda tetap mampu dan bisa memiliki kondisi keuangan yang sejahtera asalkan Anda mau mempelajari ilmu penting ini.

Perencanaan keuangan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi khususnya manajemen dan akutansi. Tentunya disini ini tidak akan dibahas secara njlimet dengan tabel-tabel berisi angka-angka yang bisa memusingkan kepala bagi mereka yang tidak terbiasa. Blog ini akan memberikan gambaran mengenai langkah-langkah untuk merencanakan keuangan, ataupun hal-hal yang musti dihindari dalam melakukan aktifitas ekonomi yang berhubungan dengan keuangan, agar kita dapat merencanakan keuangan dengan langkah yang tepat untuk kehidupan yang lebih baik.

0 Comments:

Post a Comment