Facebook

Tuesday, December 31, 2013

MoDis - Modal Diskon



Sebenarnya membeli barang yang sedang ada potongan harga merupakan hal yang lumrah. Untuk mendapatkan produk berkualitas, bermerek dan harga miring, salah satu caranya adalah dengan membeli saat ada diskon. Umumnya pada momen-momen peak season banyak barang-barang yang diobral dengan harga sangat miring, seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, Imlek, dan libur sekolah. Jika Anda tertarik dengan suatu barang dan merasa butuh, coba perhatikan terlebih dulu momentum terdekat. Kalau saat itu adalah bulan November, saran penulis bersabar saja satu bulan karena nanti di menjelang Natal dan Tahun Baru harga produk itu bisa lebih murah. Kalau produk baru, diskon yang diberikan bisa mencapai 20 hingga 30 persen. Kalau saat itu bulan Januari, tunggu saja hingga Imlek yang biasanya jatuh pada bulan Februari. 


Selain memanfaatkan momentum, perhatikan pula ‘kewajaran’ diskon yang ditawarkan. Potongan harga yang wajar adalah 30-50 persen dan ini menunjukkan kondisi usaha yang sehat. Menurut Mark Ellwood, penulis buku Bargain Fever: How to Stop in A Discounted World mengungkapkan bahwa butik/produsen yang memberikan potongan harga hingga 70 persen menandakan pengelolaan usaha buruk. Atau ada kemungkinan lain, yaitu harga sebenarnya ditinggikan terlebih dahulu lalu diberikan diskon sehingga seolah-olah ada potongan harga.


Pilihlah momentum saat produk incaran Anda bisa didiskon oleh toko/produsennya. Kesabaran adalah kuncinya, dan memang untuk menyiasati pengeluaran yang tak terkontrol dibutuhkan kesabaran.

0 Comments:

Post a Comment