Facebook

Tuesday, March 21, 2017

Saya dan Hujan



Nama saya Reni... 
Dulu waktu mbah Uti masih ada, selalu memanggil saya dengan sebutan 'Rain' . Kata beliau, namaku sebenarnya adalah, Rainy (baca : Reini, di-Indonesiakan jadilah Reni, Red) . Ya, Rainy yang artinya hujan, dalam bahasa Inggris, tentunya. 

Alasannya (masih kata mbah Uti, mama, juga om) sewaktu saya lahir, kondisi saat itu hujan supeeer lebat. Padahal sebelumnya, Jakarta dilanda kemarau panjang selama hampir setahun lamanya. 

"Raiiin! ", begitu selalu beliau (mbah Uti, Red) memanggil. Saat kecil, saya 'nggak suka banget' dengan panggilan itu. Karena bagi saya, terdengar seperti kebarat2an, kelondo2an, gituloh. Padahal saya kan anak kampung. Ya, kampung kelahiran saya di Tanjung Barat, Pasar Minggu. Hidup dan terdidik di lingkungan Betawi asli. Dan dulu (namanya juga bocah) akan jadi bahan olok2 kalau nama kita kebarat2an seperti itu. Intinya, 'sebel banget deh' , dikasih nama ini. 

Sampai suatu saat, saya belajar  tentang arti hujan, dalam pelajaran agama di sekolah. Dalam Islam, hujan merupakan salah satu perkara terpenting bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Ia (hujan, Red) merupakan sebuah prasyarat bagi kehidupan, tidak hanya manusia, tapi untuk semua makhluk.

Mempelajari dan memahami dari sisi agama yang saya yakini. Dari yang semula 'nggak suka', saya mulai bersyukur dengan nama yang diberikan oleh keluargaku. Mengubah cara pandang dari sudut yang berbeda. 

Yang tadinya memandang negatif, menjadi positif. Ternyata, nama tersebut, punya arti yang sangat baik. Bahkan sesuatu yang selalu diminta oleh manusia, yaitu hujan sebagai berkah atau rejeki. 

Memang, terkadang kita sebagai manusia, sering memandang sesuatu hal dari satu sisi saja. Dan akan menjadi tidak baik, jika sisi tersebut adalah sisi pandang negatif. Padahal, jika kita lebih bijaksana, banyak hal yang tidak kita sukai, memiliki hikmah yang baik untuk diri kita. Jika kita memandang dari sisi pandang yang positif. 

Contohnya, sering kita berpikir sesuatu adalah musibah, atau sesuatu itu  buruk. Padahal bisa jadi, musibah tersebut adalah sarana ujian praktek untuk kita, untuk bisa naik tingkat, ke level kehidupan yang lebih tinggi. Ya, Allaah selalu punya rencana yang terbaik untuk hambaNya untuk menjadi lebih soleh dan solehah. Namun seringkali kitalah yang tidak menyadarinya. 

Begitulah. Dengan nama ini. Rainy=Reini=Reni, yang artinya hujan. Jika kita lihat sebagai sisi negatif. Hujan adalah pembawa banjir dan longsor, penghalang rencana untuk bepergian, pembuat becek jalan dan pasar2, harga sayuran mahal karena banyak yang busuk. Dan hal2 buruk lainnya, akibat adanya hujan. 

Padahal, dari sisi pandang agama yang positif, betapa hujan itu adalah anugrah. Hujan adalah rejeki dari Allaah. Hujan memiliki peranan penting bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia. Hujan adalah sumber kehidupan makhluk. Karena hujan adalah sumber air yang diciptakan dan diturunkan Allaah, untuk kehidupan makhlukNya. 

Allaah berfirman dalam Al-Qur'an : "Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam." (QS: Qaaf (50) : ayat 9). 

Sejatinya hujan adalah suatu kebaikan. Hujan adalah suatu sumber kehidupan. Namun karena ulah manusialah yang merusak alam, maka hujan menjadi bencana, bagi manusia itu sendiri dan bahkan makhluk lainnya. 

Rasulullaah pun bersabda, dari riwayat Muslim: dari 'Aisyah Radhiyallahu 'Anha, "Dan apabila beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam melihat hujan, beliau membaca: RAHMAH (ini adalah rahmat). " (HR. Muslim)

Hal kebaikan lain saat hujan, adalah waktu yang mustajab, untuk berdoa. Sabda Rasulullaah : 
"Carilah pengabulan doa pada saat bertemunya dua pasukan, pada saat iqamah shalat, dan saat turun hujan." (HR. Al-Hakim). 
So, berdoalah sebanyak2nya saat hujan. Insya Allaah, doa kita akan dikabulkan, Aamiin. 

Baiklah. Just be positive. Semoga, dengan doa dan harapan dalam sebuah nama. Akan membawa diri ini untuk lebih bermanfaat. Bagi diri, keluarga, masyarakat, ummat, serta agama. Sebagaimana hujan, yang akan selalu menjadi rejeki, rahmah dan berkah untuk umat manusia dan makhluk lainnya di dunia, Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin. 

Wallahualam
Reni. K. Ashuri
Sharia Financial and Business Coach

#carapandangpositif
#sebuahcatatansaatturunhujan
#hujanadalahberkah
#terimakasihuntuknamayangbaik
#coretanceritamasakecil

0 Comments:

Post a Comment