Facebook

Saturday, December 9, 2017

TRUST

Saat nasihat tak lagi ringan terucap, dalam setiap kata....
Pertanda tak lagi ada rasa percaya, dalam dada dan logika... 

IT'S ALL ABOUT 'TRUST' 

Hati2 dengan 'diam'. Karena diam, bisa memiliki beberapa arti. Diam, karena memang tak dapat berbicara. Diam, karena tak tahu harus bicara apa. Atau diam, karena malas berbicara.

Ya, diam karena malas berbicara, untuk alasan menghindari konflik. Hal terakhir inilah yang perlu diwaspadai. Baik dalam bisnis maupun dalam keluarga. 

Dimana, diamnya seseorang bukan karena ia tak tahu. Tapi diamnya seseorang seringkali karena tak lagi ada rasa percaya. "Percuma deh, ngomong. Gak bakal juga didenger". Atau... "Ngapainlah ngomong, ujung2nya juga bakal gak berubah". 

Kondisi demikian seringkali terjadi. Orang2 yang menjadi makmum/bawahannya, akan cenderung diam. Bukan karena 'segan' dan kagum dengan wibawa imam/pemimpinnya. Melainkan karena 'malas bicara', untuk menghindari konflik dengan sang pemimpin. 

Bagi anda yang saat ini diamanahkan untuk menjadi seorang pemimpin/leader/imam. Baik dalam bisnis maupun dalam keluarga. Maka hati2lah dengan diamnya mereka, yang berada dibawah tanggungjawabmu. 

Mulai introspeksi diri anda sebagai pemimpin. Jangan2 TRUST mereka telah hilang, pada diri anda. Tak ada lagi rasa percaya mereka kepada anda, sebagai pemimpinnya. 

Well, sahabat. Semua jawaban itu hanya andalah yang bisa menjawab. Jika anda mau dan mampu melihat dengan hati dan logika. 

Sesungguhnya, memang tak mudah menjadi seorang pemimpin. Karena setiap pemimpin mempunyai kewajiban dan tanggung jawab. 

Dan sebagai hamba yang beriman. Maka kita wajib yakin dan percaya. Bahwa kelak akan datang suatu masa. Yang mempertemukan manusia dengan Tuhannya.

Dan pada saat itu, setiap manusia akan berbicara untuk bertanggung jawab. Atas segala yang telah diamanahkan Alloh Subhanahu wa Ta'ala, kepadanya.

"Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya...."
(Hadist Riwayat Bukhari).

 Wallahu'alam.

Happy weekend, sahabat. 
Tetap semangat berbisnis. 
Stay healthy and always be positive.
Wassalamualaikum. 

Reni.K. Ashuri 
Sharia Financial & Business Coach 

#BisnisBerkahSesuaiSyariah 
#BerbisnisDenganHati
#BusinessCoaching 
#5DysfunctionOfTeam

0 Comments:

Post a Comment