Facebook

Friday, December 15, 2017

Peranmu, Kewajibanmu, Ibadahmu

"Kerjakan yang wajib, baru mengerjakan yang sunah. Jangan terbalik, mengerjakan yang sunah, tapi meninggalkan yang wajib".

Sahabat.... 
Fokus pada peran utama di dunia. Itu menjadi hal yang penting. Karena disitulah terdapat kewajiban utama kita, yang harus dilaksanakan. 

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka...." (QS. At Tahrim :6). 

Ya, peran dan kewajiban utama kita adalah terhadap diri dan keluarga. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga. That's important things we should do first. 

Namun terkadang kita lupa, akan peran dan kewajiban utama ini. Justru kadang bertanggung jawab terhadap hal2 lain diluar tanggung jawab utama kita. 

Mengapa menunaikan kewajiban utama menjadi penting?  

Karena dalam kewajiban utama yang kita emban, sejatinya ber-irisan kuat dengan hak2 orang terdekat, yang wajib kita berikan. 

"Saat seorang hamba melalaikan kewajibannya, maka saat itu pula ia dalam kondisi melakukan perbuatan kezaliman". 

Menzalimi diri sendiri ataupun menzalimi orang lain. Menzalimi keluarga dan orang2 terdekatnya. Melakukan abai, terhadap hak orang2 yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga seringkali membuat mereka kecewa, sedih serta tersakiti. 

Padahal hampir seluruh manusia di dunia ini sadar dan tak memungkiri. Bahwa berbuat zalim adalah hal yang sangat dilarang oleh Tuhan, Alloh Subhanahu wa Ta'ala. 

Maka tunaikanlah kewajiban pada diri dan keluarga. Sebelum menunaikan kewajiban terhadap orang lain. Karena sesungguhnya, hal itulah yang akan menjadi prioritas pertanggungjawaban seorang manusia, kelak dihadapan-Nya. 

Sahabat... 
Tetaplah semangat untuk terus bertumbuh. Menjadi manusia yang selalu lebih baik. InsyaAlloh, tidak ada sesuatu yang sia2. Just keep doing good. 

Semoga Alloh selalu memberikan kemudahan dan kekuatan. Untuk selalu fokus pada peran dan tanggung jawab kita di dunia. Yang tak lain dan tak bukan, adalah merupakan bentuk ibadah seorang hamba kepada Tuhannya. Aamiin Ya Robbal 'aalamiin. 

Wallahu'alam. 

Selamat pagi, sahabat. 
Salam Jumat penuh berkah. 
Selamat beraktifitas. 
Wassalamualaikum. 

Reni.K. Ashuri 
Sharia Financial & Business Coach 

#SelfReminder 
#PeranMuIbadahMu
#TabunganEnergiPositif 
#TebarKebajikanTuaiKebaikan 
#BlessingEcosystem 
#SharingSyariah

0 Comments:

Post a Comment