Facebook

Wednesday, February 8, 2017

UUD Ujung Ujungnya Duit


Sebuah bisnis pada akhirnya harus menghasilkan profit atau keuntungan. Dan keuntungan dari sebuah bisnis biasanya diukur dengan PERTUMBUHAN FINANSIAL (baca: duit).
Bisnis harus PROFIT supaya bisnis bisa BERTUMBUH dan MEMBERIKAN MANFAAT. Bahkan bagi bisnis nirlaba-pun ada cost atau biaya yang harus diusahakan agar bisnis tetap berjalan. Pada akhirnya semuanya membutuhkan duit alias ujung-ujungnya duit.
Realitas finansial yang terjadi pada bisnis yang berjalan dibawah 5 tahun yaitu:
1. omset meledak tapi KANTONG CEKAK
2. dagangan laris tapi MODAL HABIS
3. bisnis untung tapi GAK BISA NABUNG
Bahkan tidak sedikit bisnis yang telah berjalan diatas 5 tahun pun mengalami kondisi seperti diatas.
Lalu apa penyebabnya?
Tidak lain tidak bukan, penyebabnya sangat klasik, yaitu TERCAMPURNYA keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Hal yang hampir selalu terjadi pada bisnis mikro dan kecil. Maklumlah di kalangan pebisnis ini, masih jarang dilakukan pencatatan terhadap keuangan.
Semuanya SERBA DARURAT, uang bisnis dipakai untuk kepentingan pribadi/keluarga dan sebaliknya uang pribadi dipakai modal bisnis, TANPA PENCATATAN.
Penyebab lainnya adalah pengambilan modal bisnis tanpa perencanaan, yang mengakibatkan HUTANG yang tak kunjung usai. Gali lubang tutup lubang. Omset bisnis habis bahkan minus untuk membayar hutang.
Apabila hal ini terjadi terus menerus, maka bisnis sulit untuk tumbuh dan tidak akan terlihat hasilnya. Sulit mendapatkan dukungan finansial dari pihak luar, karena tidak adanya laporan keuangan. Sehingga bisnis akan berjalan ditempat bahkan bisa gulung tikar.
Jika hal diatas juga Anda alami selama ini, dan Anda ingin mendapatkan tips solusi yang sederhana serta mudah diaplikasikan dalam bisnis, maka temukan dalam:
Workshop Strategi Bisnis #PunyaBisnisKece
Tanggal 3-5 Maret 2017
Hotel Olympic Renotel, Sentul Bogor.
Dapatkan PROMO SPECIAL untuk pendaftaran sampai dengan 14 Februari 2017. Info lebih lanjut dapat disimak di bit.ly/punyabisniskecebogor
Event ini persembahan Nahla Coaching Firm khusus hanya bagi Anda yang serius ingin MAU dan MAMPU menumbuhkan bisnis dengan dasara perencanaan keuangan yang lebih baik.
Salam Sukses Penuh Keberkahan,
Reni K. Ashuri

0 Comments:

Post a Comment