Facebook

Wednesday, November 16, 2016

Bisnis Bukan Mie Instan

Sahabat, pernahkan kita mendengar keluh kesah dari rekan sesama pebisnis tentang bisnis yang baru digelutinya. Mulai dari keuntungan yang tak kunjung kelihatan. Dan segudang keluhan lainnya tentang usahanya. Mulai dari soal SDM, keuangan, pemasaran, dll. 

Atau jangan2 kita sendirilah sang pebisnis itu. Kitalah yang sering mengeluh tentang lambatnya bisnis kita berjalan. Bahkan tidak sedikit pebisnis baru yang putus asa dan kemudian banting setir ke bisnis lain. Atau bahkan menutup bisnisnya dan balik lagi menjadi karyawan.

Sahabat pebisnis, marilah mulai sekarang kita renungkan. Bahwa sejatinya bisnis adalah sebuah perjalanan. Dalam sebuah perjalanan diperlukan arah dan tujuan kemana kita akan pergi. Dibutuhkan perencanaan dan persiapan untuk bekal perjalanan. Dibutuhkan pengetahuan serta strategi untuk menghalau rintangan selama dalam perjalanan. Dan yang sangat penting untuk disadari pula adalah,  tidak akan sampai seseorang ke sebuah tujuan, tanpa ia melakukan aksi berjalan selangkah demi selangkah.

Tidak ada pencapaian tujuan/cita-cita tanpa action step. Dan action setiap action step harus direncanakan, maka buatlah action plan, agar langkah kita tetap istiqomah dalam jalur yang tepat.

Sahabat,  bisnis tidak semudah merebus mie instan. Yang dalam waktu lima menit sudah bisa kita nikmati hasilnya. Bisnis itu perlu perencanaan, dan perlu kesadaran serta kemauan yang kuat untuk merawatnya. Agar bisnis kita bertumbuh, dan kelak akan berbuah seperti yang kita inginkan.

So, tetaplah istiqomah dalam bisnis yang anda geluti. Singkirkan semua rintangan dengan ilmu dan keyakinan serta jangan lupa terus berdoa. Dalam setiap langkah niatkan untuk ibadah dan berbuat baik serta selalu berpikir positif. Insya Alloh keberkahan dan kesejahteraan dunia dan akhirat yang akan didapatkan, Aamiin allohumma aamiin...
Wallahu 'alam

Reni. K. Ashuri
Sharia Financial and Business Coach

0 Comments:

Post a Comment