Facebook

Wednesday, August 9, 2017

Belajar dari Berlian


Katanya...... 

Berlian itu adalah batuan terpadat, terkeras, terkuat. Bahkan berlian tak bisa tergores oleh alat biasa. Satu2nya yang bisa menggores berlian adalah batu berlian lainnya. 

Berlian itu adalah batuan mulia yang termahal dibanding batuan lainnya. Bahkan saking berharganya, banyak orang rela berperang untuk mendapatkannya. 

Berlian itu adalah batuan yang memiliki kilau cahaya abadi. Tak berubah kilaunya sampai kapanpun. Dan karena kilau abadi nan indah inilah, berlian bisa mempunyai value tak terhingga dibanding batuan lainnya. 

Tapi, katanya juga...... 

Bahwa untuk menjadi padat, keras dan kuat, berlian itu perlu waktu ratusan bahkan milyaran tahun untuk berproses. Kondisi seperti itu juga terbentuk karena tekanan dan panas di dalam bumi. 

Bahwa untuk menjadi batuan yang mahal, berlian memiliki letak yang tak mudah untuk dicapai. Yaitu berada di bagian bumi yang dalam (sekitar seratus kilometer dibawah permukaan bumi). Oleh karenanya perlu effort yang sangat tinggi untuk mendapatkannya. 

Bahwa untuk menghasilkan kilau yang sempurna dan sangat indah, berlian harus digores2 membentuk prisma. Semakin banyak goresan prisma, semakin banyak pantulan cahaya, dan semakin sempurna kilaunya. 

Jadi mikir.... 

Kalau mau jadi orang sekelas berlian, artinya tidak bisa instan, dong ya. Perlu waktu untuk berproses. Ya, pastinya juga mengalami proses ditekan, dipadatkan sampai benar-benar kuat, lahir dan batin. Jadi, nggak boleh banyak nangis dan ngeluh niih kalo banyak tekanan hidup, hehe, semangaat 😀✊😀✊. 

Kalau mau jadi orang sekelas berlian, perlu ilmu dan pengalaman yang dalam. Perlu effort waktu, tenaga dan materi untuk mencapai tingkatan ilmu yang cukup. 
Jadi, jika saat ini dirasa belum mencapai hasil yang dicita2kan, berarti kudu introspeksi dong ya. Apakah effort yang kita lakukan sudah cukup banyak untuk mencapai impian tersebut?

Dan satu lagi yang terpikir..... 

Kalau mau jadi orang sekelas berlian, kudu siap digores-gores, seperti proses pada berlian. Makin banyak goresan dalam hidup, berarti akan makin banyak nantinya kilauan yang akan dipancarkan. Dan akan makin tinggi value diri yang dimiliki. 
Aamiin, Insya Allah. 

So, sahabat, apakah mau menjadi manusia sekelas berlian. Siap bertahan dalam kondisi panas, ditekan sampai digores-gores? 
Jadi mulai saat ini kalau sedih karena merasa ujian hidup yang terjadi, jangan nangis lagi ya. Yuk, berdoa aja, kita minta kekuatan sama Allah ☺☺☺. 

Karena bisa jadi ujian hidup itu adalah goresan yang akan membuat diri kita berkilau suatu saat nanti. Semoga kita bisa memetik hikmah dari segala ujian hidup yang ada. Dan semoga kita bisa menjadi manusia2 berlian, terlebih dimata Allah Subhanahu wa Ta'ala. 
Aamiin Ya Robbal 'aalamiin. 

Wallahu'alam. 
Reni K. Ashuri 
Sharia Financial and Business Coach

**selfreminding
**belajarjadiperempuanberlian
**lagipengencincinberlian😀😀😀

0 Comments:

Post a Comment