Facebook

Thursday, January 16, 2014

Cerdas Finansial = Cerdas Mengelola Gaji


Vemale.com

Mengelola gaji merupakan komponen perencanaan keuangan yang penting dilakukan. Tahap awal dalam pengelolaan gaji adalah cek up keuangan. Dalam hal ini untuk mengetahui kesehatan keuangan keluarga. Apakah saldo penghasilan positif  atau negatif? Bagaimana kondisi hutang kita? Apakah asset yang kita miliki lebih kecil dari hutang yang harus kita tanggung?

Ciri orang yang memiliki kecerdasan finansial adalah bagaimana ia mengelola gajinya sehingga cukup hingga akhir bulan tanpa hutang. Ini adalah persoalan yang susah-susah gampang, bahkan oleh mereka yang sudah mencapai jabatan tertinggi sekalipun. Seorang CEO dari sebuah BUMN terkenal yang berlokasi di Bandung pernah bercerita pada penulis, bahwa gajinya sebagai pimpinan tertinggi di perusahaan plat merah tersebut ternyata ‘kecil’ untuk ukuran dirinya. Akhirnya demi memenuhi kebutuhan hidupnya ia pun terpaksa ‘mantab’ alias makan tabungan. Bahkan dengan meringis ia pun bercerita bahwa pada akhinrya ia harus membeli mobil dengan cara mencicil.

Gaji yang habis dalam waktu cepat tanpa berhasil memenuhi kebutuhan hidup satu bulan penuh menandakan bahwa pemiliknya tidak cerdas secara keuangan. Padahal kalau saja dalam hal gaji ini seseorang berhasil mengelolanya dengan optimal, maka tidak ada peluang di masa depan kalau ia akan hidup sengsara. Sebab sejak dini telah memiliki keterampilan dalam mengolah penghasilan bulanan, apalagi kalau sumber pendapatannya itu hanya berasal dari gaji saja.

0 Comments:

Post a Comment