Facebook

Saturday, August 9, 2014

Mental Berkelimpahan


Suatu kali saya mengamati 2 keluarga yang berbeda kondisinya. Sebuah keluarga kaya dengan berbagai harta dan segala yang dimilikinya namun selalu terlihat kekurangan, terlihat 'ngoyo' berusaha mengejar apa yang belum dia punya. Satu lagi adalah keluarga sederhana yang meski terlihat kurang secara harta namun mampu hidup dengan sederhana dan bahagia.

Dalam hal berbagi ternyata juga ada perbedaan diantara dua keluarga tersebut. Keluarga kaya terlihat perhitungan dgn sumbangan ataupun sedekah bagi warga sekitarnya, namun disisi lain keluarga sederhana meski kecil jumlah sedekahnya namun rutin dilakukannya dengan ikhlas.

Saat berbelanja pun terlihat kontras perbedaannya, keluarga kaya mengisi penuh sampai overload keranjang belanjaannya, apapun yg terlihat dan menarik dibelinya, walau kadang tidak terlalu dibutuhkan. Sedangkan keluarga sederhana selalu mencatat apa yang akan dibeli dan membeli hanya yg tercatat dan dibutuhkan.

Terlihat jelas jumlah pengeluaran berbanding lurus dengan pendapatan, semakin tinggi pendapatan maka pengeluaran juga akan mengikuti. Masalahnya apakah mereka membeli suatu barang yang benar-benar dibutuhkan atau sebatas keinginan, melampiaskan nafsu berbelanja.

Kembali soal kedua keluarga kaya dan sederhana tadi, ada hal yang menarik yaitu MENTAL BERKELIMPAHAN, apa maksudnya?

MENTAL BERKELIMPAHAN adalah soal mindset atau pola pikir yang selalu merasa dirinya penuh dengan karunia dan keberkahan. Selalu berfikir kebawah, bahwa ada yang lebih kekurangan sehingga dirinya selalu bersyukur tak pernah mengeluh kekurangan. Justru ingin selalu berbagi apapun yang dimiliki walaupun sedikit tetap dilakukannya sebagai bentuk syukur. Mental inilah dimiliki oleh keluarga sederhana tadi yang bisa jadi tidak dimiliki oleh keluarga kaya.

Ingat, orang miskinpun bisa memiliki MENTAL BERKELIMPAHAN dan sebaliknya orang kaya punya MENTAL BERKEKURANGAN, Anda termasuk yang mana? cobalah jujur pada diri sendiri, apakah selama ini merasa selalu kurang, suka membandingkan, jarang bersyukur, jarang berbagi, hidup tak tenang dengan segala godaan setan mall dan iblis hedonis :)

Dengan memiliki MENTAL BERKELIMPAHAN maka sebuah keluarga akan memiliki karakter TANGAN DIATAS, dan menciptakan BUDAYA selalu ingin memberi dan memberi. Mental ini harus ditimbulkan dan diajarkan sejak dini dalam keluarga, sehingga bangsa ini memiliki karakter mandiri dan jati diri yang kuat.

Semoga kita semua mampu memulai dan membangun keluarga yang setiap anggota keluarganya memiliki MENTAL BERKELIMPAHAN, aamiin.

Wallahualam.

Follow twitter @ReniKeristiana
Visit web FinancialCharacter.info
 

1 Comments: