Facebook

Saturday, April 19, 2014

Kemana Saja (Harusnya) Alokasi Gaji Anda? Part.2



himpunan-abiasa.com

Melanjutkan artikel sebelumnya. Saving ditempatkan diatas kebutuhan rutin, karena dipastikan mustahil saldo penghasilan kita akan sisa diakhir bulan untuk ditabung. Jadi sebaiknya saving dijadikan pos pengeluaran yang wajib dikeluarkan setiap bulan. Ratio saving yang disarankan adalah minimal 10% dari penghasilan bulanan. Di awal saving ditujukan untuk pemenuhan dana darurat, dimana dana darurat yang disarankan adalah 3-6 bulan pengeluaran bulanan. Saving juga merupakan cicilan untuk masa depan apabila berbentuk investasi, seperti dana pensiun.

Kebutuhan rutin adalah kebutuhan yang tidak dapat ditunda pembayarannya seperti SPP anak, listrik, air, telpon, dll. Jadwal pembayarannya memang tidak bisa kita tunda, tetapi untuk penggunaan masing-masing (seperti listrik, air, telpon) dapat kita lakukan evaluasi apakah masih dapat kita lakukan efisiensi pemakaian untuk mengurangi tagihannya.

Kebutuhan lain-lain, disinilah yang terkadang seseorang bisa loss dalam pengeluarannya. Saat ini pengeluaran lain-lain yang merupakan kebutuhan sekunder bahkan tersier dapat menjadi kebutuhan utama, hal ini karena tidak adanya pemenuhan pemilihan antara konsep kebutuhan dan konsep keinginan. Biasanya dalam cek up keuangan, di pos inilah yang dievaluasi, karena biasanya seseorang bergaya hidup tidak sesuai dengan standar penghasilannya.

Mengelola gaji dapat dilakukan dengan menggunakan amplop-amplop yang telah disediakan untuk masing-masing pengeluaran, dimana jika budget salah satu amplop telah habis, disarankan untuk tidak dilakukan subsidi silang dari amplop lain, hal ini akan menjadi review di akhir bulan.

0 Comments:

Post a Comment