Facebook

Saturday, April 12, 2014

Kemana Saja (Harusnya) Alokasi Gaji Anda?



jakartaweekend.com

 Punya gaji tapi langsung habis tanpa sisa? Mungkin karena kurangnya ilmu tentang financial planning sehingga karyawan, apapun jabatannya, selalu menyisakan saldo minimal di rekeningnya. Padahal dengan adanya kecerdasan dalam mengelola keuangan, maka gaji harusnya bisa dimanfaatkan secara optimal tanpa harus berhutang atau gesek kartu kredit.

Dalam mengelola gaji, skala prioritas harus ditentukan ditahap awal. Skala prioritas yang dianjurkan adalah :
1.      Pembayaran zakat/infaq/sedekah
2.      Pembayaran hutang
3.      Saving
4.      Kebutuhan rutin bulanan (SPP,listrik,air, telpon,gaji pembantu,dll)
5.      Kebutuhan lain-lain

Zakat/infaq/sedekah atau dana sosial lainnya kita wajibkan di awal, biasanya sebanyak 2,5%. Hal ini menjadi wajib sebagai rasa syukur kita kepada Sang Pemberi Rejeki dan Pemberi Kehidupan. Hal ini menyadarkan kita bahwa sesungguhnya semua yang kita dapat adalah milik Allah, maka sudah sepatutnya harta titipan yang diberikan kepada kita, selayaknya dikeluarkan untuk berbagi dengan yang lain sebagai ungkapan rasa syukur.

Membayar hutang adalah kewajiban selanjutnya yang harus dibayarkan, karena hutang merupakan hak orang lain yang tidak dapat kita abaikan. Hutang disini adalah hutang kepada pihak ketiga, termasuk hutang produktif seperti KPR, modal bisnis,dll dan hutang konsumtif seperti cicilan mobil, barang-barang elektronik, dll. Cicilan hutang bulanan maksimal adalah 35% dari total penghasilan bulanan (terdiri dari 20% hutang produktif dan 15% hutang konsumtif), apabila rasio hutang melebihi standar yang disarankan, biasanya seseorang akan mengalami kesulitan keuangan untuk saat ini dan masa datang.

0 Comments:

Post a Comment